Senin, 18 Juni 2012 - 11:05:18 WIB
Macam Karet Tenis Meja
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Olahraga - Dibaca: 13407 kali


SRIVER FX by BUTTERFLY


Produk dari butterfly ini merupakan salah satu yang sangat terkenal, dan hampir semua pemain tenis meja yang saya tanya tahu dan pernah menggunakan karet ini. Pada dasarnya karet ini merupakan type ‘allaround offensive play’, maksudnya semua type permainan offensive bisa menggunakan karet ini. Dikarenakan speed yang lumayan juga spin yang dihasilkan tidak terlalu lemah. Menurut saya, karet ini tidak cocok digunakan bagi anda yang type permainan defensive dikarenakan kurangnya perputaran bola untuk backspin. Untuk ofensive, saya sarankan hanya pemain yang lebih banyak menggunakan speed daripada spin yang menggunakan karet ini.

Karet ini juga sangat bagus untuk para pemain pemula yang ingin bermain serius dan meningkatkan permainannya.


TORPEDO by TIBHAR

Torpedo merupakan salah satu karet terbaik Tibhar. Karet ini menurut saya salah satu yang terbaik walaupun harganya termasuk mahal. Speed yang dihasilkan sangat bagus walaupun kita akan memerlukan tenaga extra untuk melakukan spin dengan karet ini. Penyesuaian perlu dilakukan selama beberapa waktu untuk mengenal karakter karet ini dan jika sudah mengenal karakternya, selain speed yang kencang, spin yang dihasilkan dapat membuat lawan kalang kabut. Kontrol karet ini juga lumayan jika kita penyesuaian sudah dilakukan. Saya sarankan untuk memakai karet ini jika anda benar-benar pemain offensive yang matang dalam pukulan menyerang.

BRYCE by BUTTERFLY

Nah, ini salah satu karet speed terkencang di dunia dibuat oleh Butterfly. Terus terang, pas saya mencoba karet ini speednya sangat luar biasa dan sangat diperlukan adaptasi untuk bisa menggunakan karet ini. Pemain yang banyak menggunakan Spin akan sangat kesulitan dalam menggunakan  karet ini karena akan diperlukan banyak tenaga untuk membuat bola berputar, apalagi pemain yang banyak spin ‘close to table’. Tetapi itu semua bisa ditutupi dengan speed luar biasa yang dihasilkan karet ini. Karet ini memang untuk speed player, ‘no doubt’.


DONIC FORMULA F3


Karet ini merupakan salah satu favorit saya, dikarenakan bukan karena speednya tetapi spinnya yang kencang juga mudah mengendalikan bola dengan karet ini. Menurut saya karet ini sangat cocok digunakan untuk player yang ingin melakukan serve di backhand juga chop-chop dikiri. Block spin dengan karet ini juga mudah, dikarenakan karakter softnya. Nilai plus lain yang saya bisa dapatkan adalah suaranya yang keras dan nuansa speedglue sangat kental dalam suaranya. Negativenya adalah speednya tidak cepat dan susah untuk melakuka permainan ‘Off the Table’


DONIC COPPA JO GOLD

Setelah menjajal karet ini selama kurang lebih sebulan dengan intensitas permainan seminggu 2 kali maka kesimpulan saya adalah: karet ini salah satu yang terbaik. Sangat mudah untuk melakukan loop dan topspin, baik di meja maupun diluar meja. Dengan speed yang cukup kencang, menjadikan karet ini menjadi yang terbaik untuk para pemain yang bersifat offensive. Sayangnya, karet ini tidak dapat bertahan lama mungkin dikarenakan karakteristiknya. Pinggiran karet gampang sekali ‘chipped’ jika kita sering memukul bola dipinggir bet. note: saat mencoba karet ini saya menggunakan kayu/bet Schlager carbon.

 

Beberapa orang berpendapat bahwa kecepatan dan putaran paling tinggi merupakan salah satu acuan dalam memilih karet tenis meja, hal ini tidak sepenuhnya tepat.

Pemilihan karet yang tepat bagi seorang pemain tenis meja tergantung pada karakter atau tipe permainan pemain itu sendiri. Setiap pemain mempunyai karakter unik dalam bermain tenis meja, sehingga karet yang digunakan setiap pemain pun beragam.

Kita ketahui bahwa karet tenis meja diukur dengan tiga karakteristik, ukuran pertama adalah kecepatannya (speed), kedua adalah putarannya (spin) dan terakhir adalah ukuran kontrolnya. Semakin tinggi ukuran kecepatan karet semakin responsif karet tersebut digunakan. Sedangkan ukuran putaran karet mencerminkan putaran yang dihasilkan oleh karet tersebut, biasanya karet keluaran Cina mempunyai putaran yang tinggi, salah satu ciri dari karet yang mempunyai putaran tinggi yaitu karetnya sedikit lengket.  

Untuk mempermudah pengukuran tersebut di atas (spin, speed, control) maka menggunakan pendekatan dengan angka, ukuran 50 ke bawah untuk spin dan speed, mencerminkan kontrol yang baik namun kecepatan dan putarannya di bawah rata-rata, ukuran 50-70 mempunyai berarti ukuran rata-rata, sedangkan di atas 70 ukuran kecepatan dan putaran lebih tinggi. Dan perlu diketahui bahwa setiiap pabrikan memiliki ukuran yangberbeda dan hal kecepatan, putaran maupun kontrol, namun secara keseluruhan ukurannya hampir mirip.

Untuk ukuran kontrol, semakin tinggi ukurannya, semakin mudah kita melakukan kontrol permainan, biasanya karet dengan kotrol yang benar-benar tinggi digunakan untuk pemain dengan tipe bertahan.

Contoh Penerapan ukuran karet

Seorang pemain yang mempunyai tipe serang dalam bermain tenis meja dengan dominan menggunakan top spin maka dia akan cenderung cocok menggunakan karet yang mempunyai putaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatannya dan memilih ukuran kontrol yang tinggi.

Seorang yang mempunyai tipe permainan serang yang mengadalkan top spin dan smash, maka dia biasanya akan lebih cocok menggunakan karet dengan ukuran kecepatan dan putaran yang tinggi dengan kontrol sedang.

Ataupun seorang pemain bertahan yang lebih sering menggunakan chop (back spin) akan lebih cocok menggunakan tipe karet dengan kecepatan rendah dan kekuatan putaran yang tinggi dengan ukuran kontrol tinggi.

Untuk pemain yang cocok dengan menggunakan bintik (pimple out) biasanya kontrolnya lebih rendah, disebabkan oleh karakteristik karetnya berbentuk bintik. Namun yang pasti lebih mudah menerima bola yang banyak pelintiran.

Kecenderungan pemain yang sudah berpengalaman akan menggunakan satu karet yang dirasakan sudah benar-benar cocok dengan tipe permainan mereka. Kadang mereka menggunakan karet tersebut dalam jangka lama, bahkan sampai puluhan tahun. Namun hal ini tidak menjadi patokan, banyak pemain tenis meja yang sudah berpengalaman mencoba karet baru dan langsung cocok ketika pertama kali digunakan, sehingga mereka mengganti karetnya dengan merek baru tersebut, hal ini disebabkan karet yang keluar saat ini menggunakan teknologi yang lebih baik sehingga penggunaannya lebih mudah dan enak digunakan.

Setelah kita memilih suatu merek karet yang kira-kira sesuai dengan permainan, maka selanjutnya kita akan kembali dibenturkan dengan pemilihan ukuran spon dari karet tersebut. Ukuran spon mencerminkan kecepatan dan kontrol karet tersebut. Semakin tebal spon yang digunakan maka semakin cepat dan berkurang kontrol karet tersebut melontarkan bola.

Saat ini ukuran spon yang ada bagi setiap merek bermacam-macam. Misal, Sriver FX, merek ini meluncurkan ukuran spon antara lain  1,5/1,7/1,9/2,1 sampai dengan maksimum. Biasanya seorang pemain serang sejati menggunakan spon dengan ukuran maksimal.

Sehubungan dengan permain tenis meja yang perlu menggunakan 2 sisi (untuk pegangan shakehand), forehand dan backhand, maka diperlukan 2 karet. Umumnya forehand menggunakan karet yang lebih cepat dibandingkan backhand.

Salah satu legenda karet yang banyak digunakan di Indonesia oleh banyak pemain tenis meja adalah MarkVAD, Sriver FX, dan Bryce FX dan RITC 729 Super. Banyak pemain nasional menggunakan karet ini. Sebut saja, Reno, Budiono, Kun-kun, Gilang, Kristin, Nilasari, mereka menggunakan Sriver FX, atau Freddy, Ismu, Momon, menggunakan karet MarkVAD. ‘Saya menggunakan karet Sriver FX sejak lama karena sangat cocok dengan tipe permainan saya yang senang bermain rally dan menggunakan lebih banyak putaran dengan ukuran spon makismal' ujar Reno, pemain nasional Indonesia.

Jika Anda benar-benar ingin mencoba karet yang baru, jangan sekali-kali tertipu oleh harga sebuah karet, harga yang tinggi belum tentu cocok dengan karakter permainan kita dan jangan terburu-buru atau percaya kepada iming-iming kecepatan dan putaran tinggi dari karet yang akan dipilih, lebih baik dikosultasikan terlebih dahulu kepada pelatih atau pemain yang sudah berpengalaman. Pastikan karet yang dipilih sudah benar-benar merupakan pilihan yang tepat bagi tipe permainan Anda.

 

Sumber: tenismeja.net




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)